Pengaruh pemerintah mengatasi kondisi ekonomi saat ini

Pemerintah mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi perekonomian suatu Negara, dalam pengaruhnya ke perekonomian pemerintah mempunyai beberapa peran, yaitu pemerintah membantu perkembangan bisnis secara umum, mendorong persaingan usaha yang sehat, membantu kelompok ekonomi lemah, dan sebagai stabilizer.

 

1.Keterbelakangan

Pemerintah Indonesia berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, misalnya dengan meningkatkan mutu pendidikan nasional. persentase alokasi dana untuk pendidikan pada anggaran APBN setiap tahunnya ditingkatkan

2.Pengangguran

Pengangguran pada Negara Indonesia merupakan hal yang paling menonjol pada masalah ekonomi di indonesia.  Hal ini di sebabkan tidak merata lapangan pekerjaan di Indonesia. Oleh sebab itu di butuhkan peran pemerintah untuk mengatur persebaran lapangan pekerjaan.

3.Kemiskinan

Kemiskinan merupakan hal yang tidak lepas dari Negara  Indonesia. Hal ini karena banyak nya pengangguran dan kurang nya Sumber daya manusia yang mempuni di Indonesia. Peran pemerintah yaitu mem berikan pedidikan bagi seluruh rakyat Indonesia dan meratakan lapangan pekerjaan di Indonesia.

4.Keterbelakangan

Pemerintah Indonesia berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, misalnya dengan meningkatkan mutu pendidikan nasional. persentase alokasi dana untuk pendidikan pada anggaran APBN setiap tahunnya ditingkatkan.

 

5.Ketidakmerataan hasil pembangunan

Melalui perubahan sistem perundang-undangan, pemerintah Indonesia mulai memperbaiki sistem perekonomian negara. Sistem perundang-undangan yang memihak praktik monopoli mulai dihapus. Disamping itu, untuk mengurangi kesenjangan pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah, diberlakukan undang-undang Otonomi Daerah. Daerah diberi kebebasan untuk mengembangkan potensi dan pemerintah pusat tidak lagi terlalu campur tangan dalam urusan rumah tangga pemerintah daerah.

 

Pos ini dipublikasikan di tugas. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s