Peta perekonomian Indonesia

Keadaan geografis Indonesia

Dengan Negara yang memiliki banyak pulau seperti Indonesia ini akan menjadi kekuatan dan kesempatan, akan hasil- hasil bumi dan tambang, serta letak Indonesia yang berada di khatulistiwa ini dapat membuat hasil-hasil bumi berupa tanaman dapat berkembang dengan baik karena kesuburannya. Dengan kemampuan sumber daya manusia, sumber daya alam yang melimpah ini dapat di explore dengan baik maka akan mebuat kesejahteraan bagi rakyat Negara Indonesia. Bukan hanya sumber daya alam saja yang melimpah, tempat-tempat yang indah serta kebudayaan yang beraneka ragam menjadi sebuah keuntungan sendiri bagi Negara kita. Banyak nya turis internasional yang dapat menambah defisa Negara ini dapat memajukan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Namun kenyataannya sangat lah berbeda. Sumber daya yang melimpah ini tidak dapat di kelola dengan baik oleh Indonesia. Banyaknya pulau yanga terdapat minyak bumi tidak dapat di olah dengan baik. Tetapi semua sumber daya itu di kelola oleh investor asing yang hanya merugikan Negara ini. Banyak juga sumber daya alam yang malah “dicuri” oleh Negara tetangga. Hanya sumber daya manusia nya saja yang harus di kembangkan untuk dapat memexplore sumber daya yang melimpah ini.

Mata pencaharian

Letak geografis yang strategis dan juga terdapat banyak pulau membuat mata pencaharian di Indonesia beraneka ragam. Banyak nya pulau di Indonesia ini membuat beberapa masyarakat Indonesia ber mata pencaharian sebagai petani. Hal ini di dukung atas subur nya tanah yang ada di Indonesia. Selain itu iklim yang cocok untuk berbagai jenis tanaman ini sangat menguntungkan bagi Negara Indonesia. Hingga pernah Negara Indonesia dapat mengexpor berbagai hasil bumi ini ke beberapa Negara. Namun, bukan hanya sebagai petani saja. letak Indonesia yang terdapat pada dua buah samudra ini terdapat hasil-hasli laut yang melimpah. Banyak nya jenis ikan yang terdapat di Negara ini dapat diexpor ke berbagai Negara di Indonesia.

Namun, komoditi yang dihasilkan dari sektor-sektor ini relative tidak memiliki nilai tambah yang tinggi, sehingga tidak dapat bersaing dengan komoditi yang dihasilkan sektor lain, sehingga sebagian masyarakat Indonesia yang memang bermata pencaharian di sektor pertanian (desa) semakin tertinggal dari rekannya yang bekerja dan memiliki akses di sektor industry (kota). Sehingga terlihat jelas perbedaan pendapatan yang mencolok pada masyarakat di Indonesia.

 

Investasi

Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan dimasa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal.
Definisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Investasi diartikan sebagai penanaman uang atau di suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memproleh keuntungan. Pada dasarnya investasi adalah membeli suatu aset yang diharapkan di masa datang dapat dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi. Investasi bagi masyarakat Indonesia masih sangat lah kurang banyak di banding investor asing yang mencari keuntugan di Negara Indonesia. Kurang nya pengetahuan investasi merupakan factor kurang peduli nya masyarakat Indonesia pada investasi.

SUMBER DAYA MANUSIA
Sumber daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDM potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam pengertian praktis sehari-hari, SDM lebih dimengerti sebagai bagian integral dari sistem yang membentuk suatu organisasi. Oleh karena itu, dalam bidang kajian psikologi, para praktisi SDM harus mengambil penjurusan industri dan organisasi.
Sebagai ilmu, SDM dipelajari dalam manajemen sumber daya manusia atau (MSDM). Dalam bidang ilmu ini, terjadi sintesa antara ilmu manajemen dan psikologi. Mengingat struktur SDM dalam industri-organisasi dipelajari oleh ilmu manajemen, sementara manusia-nya sebagai subyek pelaku adalah bidang kajian ilmu psikologi.
Dewasa ini, perkembangan terbaru memandang SDM bukan sebagai sumber daya belaka, melainkan lebih berupa modal atau aset bagi institusi atau organisasi. Karena itu kemudian muncullah istilah baru di luar H.R. (Human Resources), yaitu H.C. atau Human Capital. Di sini SDM dilihat bukan sekedar sebagai aset utama, tetapi aset yang bernilai dan dapat dilipatgandakan, dikembangkan

Pos ini dipublikasikan di tugas. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s