Perdagangan luar negeri

Perdagangan luar negeri atau ekspor dan impor yang dilakukan negara sedang berkembang sebagai salah satu bentuk hubungan internasional dengan negara lain. Perdagangan ini bisa dilakukan antar negara sedang berkembang dengan negara maju atau sesama negara sedang berkembang. Sejarah hubungan di antara negara-negara maju dan negara-negara berkembang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang besar sekali di antar keuntungan potensial yang mungkin diperoleh negara-negara sedang berkembang dari hubungan tersebut, dengan keuntungan yang sebenarnya mereka peroleh.

Keuntungan dari perdagangan sudah lama dianalis oleh para alhi ekonomi yang dimulai dari kaum klasik, yang menunjukkan adanya keuntungan yang mungkin diperoleh suatu negara apabila mengadakan perdagangan dengan luar negeri. Apabila keuntungan- keuntungan ini dapat diperoleh dalam kenyataannya, hubungan ekonomi dan perdagangan dengan negara-negara lain dapat merupakan alat pendorong yang sangat penting dalam rangka mempercepat proses pembangunan. Dalam kenyataannya seringkali yang terjadai adalah perdagangan luar negri kurang menguntungkan bagi negara berkembang. Artinya perdagangan luar negri banyak yang dikuasai oleh negara maju.

Apabila diperhatikan perkebangan sektor ekspor di negara-negara sedang berkembang , secara umum belumlah mencapai tingkat yang diharapkan. Sampai sebelum Perangn Dunia II beberapa negara sedang berkembang mengalami perkembangan ekspor yang pesat sekali, tetapi sektor tersebut gagal untuk mendorong perkembangan sektor-sektor lainnya.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s